Pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Nicky Fahrizal.
Sumber :
  • Antara

Pengamat Politik Sebut Keputusan MA soal Syarat Minimum Cagub-Cawagub Mirip Keputusan MK Nomor 90

Kamis, 30 Mei 2024 - 18:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Nicky Fahrizal menilai keputusan Mahkamah Agung (MA) terkait penghapusan syarat minimum usia cagub-cawagub dipengaruhi oleh Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90 terkait polemik yang serupa.

“Menurut saya, adanya putusan MA tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh Putusan MK Nomor 90,” jelas dia, saat dihubungi tvOnenews.com, Kamis (30/5/2024).

“Selanjutnya, sudah muncul tren penggunaan instrumen hukum yang mana di dalamnya ada peran lembaga peradilan untuk memberikan justifikasi suatu tindakan politis ataupun agenda politik tertentu,” sambung dia.

Sementara itu, saat ditanya apakah ini bagian dari upaya meloloskan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep pada Pilgub Jakarta 2024, sebagaimana isu tersebut ramai dibicarakan di media sosial. Nicky menjelaskan perlu melihat beberapa aspek.

Foto Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep for Pilgub Jakarta 2024. (IST)

Aspek itu untuk menilai apakah bursa Pilgub Jakarta 2024 ini berjalan secara sehat atau tidak.

“Sehat atau tidak tergantung beberapa kondisi, pertama, netralitas aparatur negara. Kedua, profesionalitas KPU dan Bawaslu,” kata dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral