Ilustrasi Pusat Data Nasional (PDN).
Sumber :
  • freepik/rawpixel

Data PDN yang Diretas Tak Bisa Kembali, BSSN: Cuma Punya Back Up 2 Persen

Kamis, 27 Juni 2024 - 20:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan data yang di-back up di Pusat Data Nasional (PDN) Batam hanya 2 persen.

Hal ini terkait server PDN yang terkena serangan ransomware. Pernyataan itu disampaikan dalam Rapat Kerja bersama Komisi I serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

“Memang kami melihat secara umum, mohon maaf Pak Menteri, permasalahan utama adalah tata kelola. Ini hasil pengecekan kita dan tidak adanya back up,” ujar Hinsa di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Dia menjelaskan data di setiap PDN seharusnya memiliki back up, sehingga ketika terjadi gangguan maka data tersebut tidak hilang.

“Di Batam itu tidak sepenuhnya (di-back up). Jadi sebenarnya seharusnya kan itu diarsip. Artinya apa? Data yang ada di Surabaya seharusnya ada persis seperti itu juga di Batam,” ujarnya.

“Jadi begitu misalnya ada gangguan di salah misalnya Surabaya, analognya hampir sama cuma mati listrik hidupkan genset. Kira-kira itu sebenarnya,” sambung Hinsa.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid kemudian bertanya total data yang di-back up di PDN Batam. Hinsa menyebut hanya 2 persen data yang diback up di PDN Batam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral