Komisi I DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (27/6/2024)..
Sumber :
  • Muhammad Bagas/tvOnenews.com

Dicecar DPR dan BSSN, Menkominfo Salahkan Tenant Gegara Tak Back Up Data PDN

Kamis, 27 Juni 2024 - 22:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi buka suara terkait teguran dari Komisi I DPR dan BSSN karena tidak mem-back up data nasional di Pusat Data Nasional (PDN).

Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo) itu menegaskan yang bertanggung jawab untuk mem-back up data adalah pihak tenant dari kementerian/lembaga.

“Yang mem-back up data itu harusnya tenant-nya kementerian/lembaga,” kata Budi di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Sebelumnya, Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan gagalnya pemulihan data PDN akibat diretas hacker itu terjadi karena tidak ada back up data di setiap PDN.

Dia menjelaskan data di setiap PDN seharusnya memiliki back up, sehingga ketika terjadi gangguan maka data tersebut tidak hilang.

“Di Batam itu tidak sepenuhnya (diback up). Jadi sebenarnya seharusnya kan itu diarsip. Artinya apa? Data yang ada di Surabaya seharusnya ada persis seperti itu juga di Batam,” ujar Hinsa dalam Rapat Kerja Komisi I DPR di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:02
00:55
02:42
01:01
00:53
01:12
Viral