Serangan Siber PDNS 2 Seret Kemendikbudristek, Kominfo Pastikan Pencadangan Data Diatasi di Depan Komisi I DPR.
Sumber :
  • tim tvOne/M Bagas

Serangan Siber PDNS 2 Seret Kemendikbudristek, Kominfo Pastikan Pencadangan Data Diatasi di Depan Komisi I DPR

Jumat, 28 Juni 2024 - 05:38 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya telah memenuhi permintaan pencadangan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Permintaan pencadangan data tersebut dilakukan terkait serangan siber terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang juga berdampak terhadap layanan Kemendikbudristek.

"Jadi, ada permintaan dan semua permintaan sudah dipenuhi, ada enam kali permintaan," kata Semuel dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Menkominfo dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di DPR RI, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Semuel mengatakan hal tersebut menjawab pertanyaan dari Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid tentang adanya permintaan pencadangan data dari Kemendikbudristek kepada Kementerian Kominfo untuk data-data KIP atau beasiswa anak sekolah.

"Apakah betul pernah ada permintaan backup dari Kementerian Pendidikan dan Budaya untuk data-data KIP atau beasiswa anak sekolah? Karena setiap ada backup ini kuasa anggarannya ada di Kominfo. Jadi mereka harus minta izin dari Kominfo lebih dahulu," kata Meutya.

Semuel memastikan bahwa semua data Kemendikbudristek sudah terlindungi.

"Sudah ter-cover," ucap dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
24:57
03:45
05:02
00:55
02:42
01:01
Viral