Menko Polhukam Hadi Tjahjanto soal keamanan siber di Indonesia.
Sumber :
  • istimewa

Keamanan Siber Kerap 'Dipermalukan', Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Geram Bikin Gebrakan 93 CSIRT Dibentuk: Jangan Jadi Pajangan!

Rabu, 3 Juli 2024 - 00:02 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan permasalahan keamanan siber di Indonesia.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini pihaknya telah membentuk 93 Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dari total target 160 CSIRT terhadap Kementerian/Lembaga Pusat.

Dia juga melanjutkan saat ini telah terbentuk 156 CSIRT dari total target 552 CSIRT pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Ini adalah progres yang sangat baik dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketahanan siber nasional," tutur Hadi saat meninjau Pusat Kendali Sistem Pemantauan Siber milik BSSN di Ragunan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Adapun, peninjauan ini dalam rangka menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta menyikapi hasil rapat dengan Menkominfo dan Kepala BSSN pada Senin kemarin.

Kemudian, Hadi mengingatkan kepada seluruh CSIRT agar tidak menjadi pajangan.

"CISRT ini jangan berperan hanya sebagai ikon semata bahwa di sini ada CISRT tetapi tidak jalan, harus terus melaksanakan fungsi dengan baik, terus melaksanakan monitor, terus respon, dan siap untuk menangani permasalahan siber," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral