Balai Karantina Sumsel Fasilitasi Ekspor Vanilli ke Perancis.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Balai Karantina Sumsel Fasilitasi Ekspor Vanilli ke Perancis

Minggu, 7 Juli 2024 - 19:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Karantina Indonesia (Barantin) melalui Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Sumatera Selatan memfasilitasi ekspor perdana vanili kering dan sejumlah bubuk rempah lainnya asal daerah setempat ke Perancis pada pekan pertama Juli 2024.

"Volume vanili dan sejumlah bubuk rempah yang diekspor tersebut masih terbatas hanya puluhan kilogram atau skala contoh," kata Kepala Balai Karantina Sumatera Selatan (Sumsel) Kostan Manalu, di Palembang, Ahad. 

Dia menjelaskan, pihaknya memastikan kesehatan vanili kering yang diekspor dengan volume 10 kilogram melalui Satuan Pelayanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Selain vanili kering, pihaknya juga memfasilitasi ekspor sejumlah bubuk rempah seperti bubuk vanili 50 gram, bubuk bunga pala 50 gram, bubuk cengkeh 50 gram, bubuk pala 50 gram, bubuk jahe 50 gram, dan bubuk kunyit 50 gram.

"Kami berkomitmen mendukung komoditas Sumsel untuk ekspor sesuai arahan Kepala Barantin Sahat Panggabean dengan melakukan pemeriksaan komoditas yang dikenal sebagai 'emas hijau' itu bebas hama penyakit dan memenuhi persyaratan teknis negara tujuan," ujarnya.

Menurut dia, vanilli merupakan komoditas unggulan asal Sumatera Selatan yang memiliki potensi untuk diekspor dan mendorong perekonomian di daerah terus berjalan. Salah satu daerah penghasil vanili yakni Desa Cacar, Kabupaten Musi Rawas.

Barantin memiliki peran sebagai 'economic tools' untuk memfasilitasi perdagangan khususnya komoditas pertanian dan perikanan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral