Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak..
Sumber :
  • Dokumentasi DPRD Jakarta

Marak Fenomena Penahanan Ijazah, DPRD Desak Pemprov Jakarta Segera Realisasikan Sekolah Gratis

Senin, 15 Juli 2024 - 10:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak mengungkapkan banyak fenomena penahanan ijazah, karena ketidakmampuan ekonomi orangtua.

Oleh sebab itu, Jhonny pun mendesak agar program sekolah gratis baik negeri maupun swasta segera direalisasikan.

Apalagi semenjak Covid-19 menerpa Jakarta pada 2020 silam, banyak orangtua kehilangan pekerjaan dan menyebabkan anak menunggak Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sekolah. Sehingga saat lulus tak bisa langsung mendapat ijazah.

“Setelah Covid banyak orangtua yang kena PHK (pemutusan hubungan kerja). Jadi, tidak mampu membayar uang sekolah. Maka dari komisi E, berharap Tahun 2025 mulai gratis sekolah (swasta) tertentu yang memang di sana banyak anak-anak tidak mampu,” ujar Jhonny, melansir keterangan resmi, Senin (15/7).

Ia mengaku prihatin selama empat tahun ini banyak menerima keluhan dari orangtua yang merasa sedih saat anaknya dilarang mengikuti ujian karena masih ada tunggakkan SPP sekolah.

Oleh karena itu, ia mendorong Dinas Pendidikan segera menuntaskan kajian, membuat syarat dan menganalisa kemampuan anggaran untuk mewujudkan sekolah swasta gratis.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral