Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya.
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Saputra

Usai Viral Warga Nahdliyin Bertemu Isaac Herzoq, Ketua Umum PBNU Akui Pernah ke Israel, Ternyata...

Selasa, 16 Juli 2024 - 18:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menyoroti langkah 5 tokoh muda Nahdliyin yang menemui Presiden Israel, Isaac Herzog.

Mereka disebut membawa-bawa nama NU dalam pertemuannya di Israel. Gus Yahya lantas mengungkit bahwa dirinya pernah berkunjung ke Israel beberapa tahun lalu. Namun, dirinya tidak pernah mengatasnamakan NU.

“Saya juga ke Israel atas nama pribadi, dan saya mempertanggungjawabkannya secara pribadi. Kalau saya waktu ke sana saya tidak pernah menyebut NU, tidak pernah,” tegas Gus Yahya di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

Selain itu, dia mengatakan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga pernah bertemu tokoh Israel. Namun, Gus Dur tetap mengkonsolidasikan kepada para kiai NU sebelum berangkat.

“Kecuali Gus Dur yang saya katakan sebagai guru saya dan insipirator saya, tapi sesuatunya saya pertanggungjawaban secara pribadi,” ujar Gus Dur.

“Nah, memang ada perbedaan-perbedaan, misalnya bahwa pertama Gus Dur sebelum engagement ke Israel, beliau melakukan konsolidasi terlebih dulu, beliau datang ke kiai-kiai untuk bicara dengan kiai-kiai mengenai masalah ini,” sambungnya. 

Sama seperti Gus Dur, Gus Yahya mengatakan dirinya juga sowan kepada para kiai sebelum berangkat ke Israel waktu itu.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:23
06:24
04:52
02:25
03:17
05:11
Viral