Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo di damping Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, usai pertemuan tertutup dalam rangka Silaturahmi Kebangsaan di DPP Partai Demokrat, Selasa (16/7/2024)..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Trisaputra

Bamsoet Sowan ke Partai Politik Ajak Pileg Periode Selanjutnya Digelar Terpisah dengan Pilpres

Selasa, 16 Juli 2024 - 19:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet beberapa waktu belakangan ini kerap sowan ke markas partai politik untuk membahas pemisahan gelaran Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Seperti hari ini, Selasa (16/7), dia datang ke DPP Partai Demokrat bersama dengan jajaran pimpinan MPR lainnya untuk membahas hal tersebut.

Menurut Bamsoet, Pemilu 2024 perlu dievaluasi terutama gelaran Pileg dan Pilpres yang diselenggarakan serentak. Dia menyatakan hal itu menyebabkan masyarakat hanya fokus pada Pilpres saja.

"Ya, seperti apa namanya, Pemilu sebelumnya (2019), Pileg duluan baru Pilpres. Tapi salah satu yang kita bahas adalah masyarakat waktu itu lebih fokus kepada Pilpres sehingga agak sedikit berkurang pada Pileg," ujar dia di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

Bahkan, kader Partai Golkar ini menyatakan hal ini juga sejalan dengan perintah Undang-Undang Dasar bahwa Pilpres diusulkan oleh partai politik atau kumpulan partai politik berdasarkan hasil Pemilu sebelumnya.

"Nah, kalau kita pakai (gelaran Pemilu) lima tahun lalu, jadi misalnya Pileg bulan Februari, nah Pilpres mungkin April," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:23
06:24
04:52
02:25
03:17
05:11
Viral