Wajib Tahu! soal Fatwa Pemanfaatan Hasil Investasi Dana Haji, MUI Beberkan Hukumnya.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Wajib Tahu! soal Fatwa Pemanfaatan Hasil Investasi Dana Haji, MUI Beberkan Hukumnya

Jumat, 26 Juli 2024 - 18:48 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) keluarkan fatwa soal pemanfaatan hasil investasi dana haji. Oleh sebab itu, hal ini wajib diketahui masyarkat luas.

Dilansir dari berbagai sumber, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan penggunaan hasil investasi setoran awal biaya haji (Bipih) calon jemaah untuk membiayai jemaah lain. 

Pemanfaatan dana semacam itu disebut mengurangi hak calon jemaah.

Bahkan, pengharaman itu tertuang dalam Keputusan Ijtima' Ulama Komisi Fatwa Se-Indonesia VIII Nomor 09/Ijtima'Ulama/VIII/2024 tentang Hukum Memanfaatkan Hasil Investasi Setoran Awal BIPIH Calon Jamaah Haji untuk Membiayai Penyelenggaraan Haji Jamaah Lain.

"Hukum memanfaatkan hasil investasi setoran awal BIPIH calon jamaah haji untuk membiayai penyelenggaraan haji jamaah lain adalah Haram," bunyi keputusan poin pertama fatwa tersebut seperti dikutip, pada Jumat (26/7/2024).

Bahkan, MUI juga menghukumi pengelola yang melakukannya akan berdosa.

"Pengelola keuangan haji yang menggunakan hasil investasi dari setoran awal biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) calon jamaah haji untuk membiayai penyelenggaraan ibadah haji jamaah lainnya berdosa," isi keputusan poin kedua.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral