Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (kiri) bersama Bupati Natuna Wan Siswandi (kanan) memantau fasilitas Stasiun Meteorologi Maritim Natuna di Lingkar Ranai, Puak, Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna..
Sumber :
  • Antara

BMKG Komitmen Jamin Keselamatan Nelayan di Wilayah Perairan Terluar Indonesia

Sabtu, 3 Agustus 2024 - 22:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berkomitmen menjamin keselamatan nelayan wilayah perairan terluar Indonesia, salah satunya melalui pendirian Stasiun Meteorologi Maritim di Natuna, Kepulauan Riau.

Adapun Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Meteorologi Maritim Natuna itu didirikan di Lingkar Ranai, Puak, Bunguran Timur, Natuna yang operasinya diresmikan pada 31 Juli 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa Stasiun Meteorologi Maritim tersebut berperan besar dalam pengamatan, pengelolaan data, analisis prakiraan cuaca laut untuk menjamin keselamatan nelayan di Natuna dan juga daerah terluar lainnya.

"Kami sudah melengkapi stasiun ini dengan peralatan radar maritim dan radar cuaca berteknologi canggih termutakhir untuk mendeteksi dinamika gelombang dan arus gelombang laut," ujarnya.

BMKG menilai peralatan itu penting demi keselamatan nelayan yang setiap hari hidupnya bergantung pada kondisi laut.

Terlebih, kata dia, Natuna pada 2023 pernah mengalami bencana maritim akibat Borneo Vorteks atau bibit badai tropis yang disebabkan kenaikan suhu permukaan air laut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:03
01:47
01:21
11:37
02:51
00:51
Viral