Densus 88 Polri Bongkar Kronologi Singkat Pelajar di Malang Terpapar Propaganda Terorisme dari Daulah Islamiyah Hingga ISIS.
Sumber :
  • ANTARA

Densus 88 Polri Bongkar Kronologi Singkat Pelajar di Malang Terpapar Propaganda Terorisme dari Daulah Islamiyah Hingga ISIS

Senin, 5 Agustus 2024 - 18:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Densus 88 Polri mengungkapkan kronologi singkat pelajar HOK (19) terpapar propaganda terorisme dari Daulah Islamiyah yang terafiliasi ISIS untuk melakukan aksi bom bunuh diri.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menjelaskan bahwa proses itu terjadi dalam kurun waktu 6 hingga 7 bulan.

Tersangka HOK kali pertama berinteraksi dengan media sosial yang berkaitan dengan Daulah Islamiyah yang terafiliasi dengan ISIS pada bulan November 2023.

"Prosesnya sangat cepat. Yang bersangkutan (HOK) bergabung dengan salah satu grup. Di grup tersebut terjadi interaksi antara tersangka dan seseorang, lalu yang bersangkutan ditawarkan untuk ikut lagi ke grup sosial media yang lebih spesifik, bahkan itu berbayar. Yang bersangkutan membayar dengan uang jajannya," kata dia, Senin (5/8/2024).

Di dalam grup tersebut, lanjut dia, tersangka HOK mendapatkan banyak video terkait dengan propaganda ISIS seperti video eksekusi, peperangan ISIS, serta video tentang baiat.

"Ada video penjelasan bagaimana tindakan-tindakan ataupun aktivitas oleh ISIS itu sudah sesuai dengan syariat Islam," kata dia.

Tersangka HOK yang masih penasaran lantas bergabung ke dalam grup Telegram kelompok-kelompok radikal lintas negara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
11:37
02:51
00:51
02:08
10:31
Viral