Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Memorial Park di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2024)..
Sumber :
  • ANTARA

HUT ke-79 RI di IKN Tak Pakai Pawang Hujan, Upacara Dijamin Kondusif dengan Rekayasa Cuaca

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 14:57 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantah rumor pemerintah menggunakan pawang hujan dalam perayaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan yang dilakukan adalah untuk melakukan rekayasa cuaca supaya perayaan dan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI berlangsung dengan kondusif.

"Adanya informasi mengenai permintaan ke salah satu pawang hujan dari Banyuwangi itu hoaks," kata Usman, Sabtu (10/8/2024).

Ia menjelaskan, pemerintah menggunakan teknologi untuk merekayasa cuaca di IKN.

Menurutnya, rekyasa cuaca dinilai penting untuk dilakukan karena beberapa hari terakhir curah hujan di IKN cukup tinggi.

Bahkan, kata dia saat ia memantau persiapan perayaan dan upacara HUT ke-79 RI, sempat turun hujan yang cukup deras sehingga menunda perjalanannya.

"Jadi tidak benar ya bahwa ada permintaan dari PUPR atau pemerintah kepada salah satu pawang hujan untuk melakukan rekayasa cuaca," ujar Usman menegaskan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:48
13:45
01:15
06:07
02:25
03:03
Viral