Pengamat Politik Wanti-wanti Pilgub Kaltim di IKN Tidak Ada Lawan Kotak Kosong.
Sumber :
  • istimewa

Pengamat Politik Wanti-wanti Pilgub Kaltim di IKN Tidak Ada Lawan Kotak Kosong

Senin, 12 Agustus 2024 - 20:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat politik dari The Prakarsa, Ah Maftuchan, berharap agar Pilgub Kalimantan Timur di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki lebih dari satu pasangan calon (paslon).

Dengan demikian, tidak ada calon tunggal dan melawan kotak kosong pada Pilkada 2024 nanti.

Pilgub Kaltim 2024 diproyeksikan hanya muncul dua paslon kandidat. Yakni, pasangan Rudy Mas'ud-Seno Adji dan Isran Noor-Hadi Mulyadi.

"Artinya, kalau klan politik Mas'ud ini sudah ditempatkan di posisi-posisi strategis dalam pucuk kekuasan politik di Kaltim, sementara klan politik ini dikenal juga sebagai pengusaha besar, maka hampir dapat dipastikan konstruksi dinasti oligarki di Kaltim akan semakin kuat kalau yang kontestan di Pilkada Kaltim ini hanya ada calon tunggal,” ujar Maftuchan dalam acara rilis survei LPI soal Pilgub Kaltim di Hotel Aryaduta, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2024).

“Itu sebabnya, semua pihak terkhusus kalangan cendikia dan kelompok masyarakat sipil dapat mencegah hal itu terjadi," sambungnya. 

Maftuchan menyebut para pemilih sebenarnya memiliki harapan dan keinginan untuk menguatkan kualitas demokrasi politik di Indonesia.

"Hanya saja, yang menurunkan kualitas demokrasi di Indonesia, ya biasanya bersumber dari elit politik itu sendiri. Ya sebut saja praktik politik dinasti yang berpotensi menutup semua peluang dan kemungkinan yang lain untuk turut berkontestasi," jelas dia. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral