Akupresur untuk Meningkatkan Nafsu Makan pada Balita Stunting di Kabupaten Bogor..
Sumber :
  • Istimewa

Akupresur Diklaim Bisa Tingkatkan Nafsu Makan dan Tekan Stunting, Ini Buktinya

Rabu, 14 Agustus 2024 - 15:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Akupunktur Medik FKUI yang diketuai oleh Dr. dr. Hasan Mihardja, M.Kes, Sp.Ak, SubSp.Ak-G(K), menyebutkan asupan makanan balita memainkan peran krusial dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menurutnya, balita membutuhkan energi dan nutrisi yang cukup untuk tumbuh sehat, dengan nafsu makan yang baik menjadi kunci dalam memastikan mereka mendapatkan kalori yang diperlukan. 

Salah satu upaya untuk meningkatkan nafsu makan pada balita, termasuk yang mengalami stunting, adalah melalui akupresur

“Akupresur merupakan teknik terapi yang dikembangkan dari akupunktur, di mana penekanan dilakukan pada titik-titik akupunktur dengan jari atau alat tumpul. Metode ini mudah dilakukan dan dapat diaplikasikan di berbagai tempat, termasuk dalam asuhan mandiri untuk tujuan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan paliatif,” kata Hasan dalam keterangannya, Rabu (14/8/2024).

Dalam upaya memberdayakan masyarakat dan meningkatkan peran tenaga medis dalam menangani stunting, Program Studi Akupunktur Medik FKUI-RSCM menyelenggarakan seminar dan workshop bertema "Peningkatan Peran Serta Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan dalam Asuhan Mandiri Akupresur untuk Meningkatkan Nafsu Makan pada Balita Stunting" di RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Program Studi Akupunktur Medik FKUI-RSCM untuk mendukung Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, yang dibiayai oleh dana Hibah dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI) tahun 2024.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral