MUI Serang BPIP soal Paskibraka Lepas Jilbab: Langgar Pancasila.
Sumber :
  • istimewa

MUI Serang BPIP soal Paskibraka Lepas Jilbab: Langgar Pancasila

Jumat, 16 Agustus 2024 - 01:56 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Larangan penggunaan jilbab bagi Paskibraka jadi perbincangan hebat di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Bahkan tuai kritikan dari beberapa kalangan hingga tokoh agama, serta organisasi keagamaan.

Salah satunya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan larangan penggunaan jilbab bagi Paskibraka oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merupakan kebijakan yang tak bijak, tak adil, dan tak beradab.   

Hal ini dibeberkan oleh Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis dalam keterangan yang diterima MUIDigital, Rabu (14/8/2024).

Lanjutnya menyampaikan, aturan tersebut juga membuat BPIP tidak patuh dan melanggar konstitusi dan Pancasila. 

"BPIP ini tak patuh, melanggar aturan konstitusi dan Pancasila. Buat apa bikin aturan melepas jilbab saat upacara saja. Sungguh ini aturan dan kebijakan yang tak bijak, tak adil dan tak beradab," beber KH Cholil. 

Bahkan, KH Cholil katakan, BPIP juga telah melanggar aturannya sendiri dalam pelarangan penggunaan jilbab bagi Paskibraka. 

"BPIP telah melanggar aturan BPIP sendiri yaitu Peraturan BPIP RI Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Bab VII Tata Pakaian dan Sikap Tampang Paskibraka," ujar Kiai Cholil dalam keterangannya, Rabu (14/8/2024).  

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral