Upacara HUT ke-79 RI Digelar di PLBN Aruk.
Sumber :
  • Ist

Upacara HUT ke-79 RI Digelar di PLBN Aruk

Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024 digelar di Tugu Garuda Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, pada 17 Agustus 2024. 

Acara ini menampilkan nuansa nasionalisme yang kental dan melibatkan berbagai elemen masyarakat serta pejabat daerah.

Sebagai inspektur upacara, Plh. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintah Umum, Ir. Togap Simangunsong M. App., Sc, memimpin prosesi upacara dengan mengenakan pakaian adat Melayu yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Sambas. Dalam amanatnya, Togap menyampaikan tema HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Togap menjelaskan bahwa tema tersebut dimaksudkan untuk menginspirasi masyarakat dalam menapaki tiga momentum penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Momentum pertama adalah hadirnya Ibu Kota Negara Baru, Nusantara, yang diharapkan dapat memberikan dorongan bagi kemajuan Indonesia. 

Kedua, kehadiran pemimpin baru Indonesia dan dimulainya visi jangka panjang Indonesia Emas Tahun 2025 yang merupakan langkah strategis untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju, berdaulat, dan sejahtera.

Togap juga menyoroti hasil konkrit pembangunan perbatasan yang telah dilakukan, termasuk kehadiran 15 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar dari Provinsi Kepulauan Riau hingga Provinsi Papua Selatan. 

Kehadiran PLBN-PLBN ini, menurutnya, tidak hanya memperbaiki penampilan fisik kawasan perbatasan tetapi juga meningkatkan semangat kebangsaan, kebanggaan, dan harga diri bangsa dalam berhadapan dengan negara tetangga.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:15
06:07
02:25
03:03
01:47
01:21
Viral