Hari Ini! Ribuan Mahasiswa dan Rakyat Jatim Bakal Suarakan Aksi Kawal Putusan MK ke DPRD.
Sumber :
  • tim tvOne

Hari Ini! Ribuan Mahasiswa dan Rakyat Jatim Bakal Suarakan Aksi Kawal Putusan MK ke DPRD

Jumat, 23 Agustus 2024 - 02:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ribuan mahasiswa dan masyarakat Jawa Timur (Jatim) akan menyuarakan aksi mengawal putusan MK ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim Jalan Indrapura Surabaya, hari ini, Jumat (23/8/2024).

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga, Aulia Thariq Akbar menyebutkan, aksi akan digelar pukul 10.00 WIB.

“Dengan poin tuntutan kita masih dalam rangka untuk turut mengawal putusan MK, karena meskipun kita melihat bahwasannya wakil ketua DPR RI memastikan RUU Pilkada ini batal cuma kalau misalkan itu belum masuk dalam PKPU atau itu belum ada rilis secara resmi, kami sepakat tadi disampaikan juga tetap akan turun aksi untuk besok karena sampai tanggal 27 kami masih akan terus mengawal termasuk besok,” ujarnya  pada awak media usai konsolidasi di Taman FISIP Unair, Kamis (22/8/2024).

Poin tuntutan yang disampaikan besok yaitu mendesak DPR dan pemerintah membatalkan revisi UU Pilkada dan mematuhi keputusan MK. 

“Kedua mendesak KPU untuk membuat PKPU, berdasarkan putusan MK,” lanjutnya menjelaskan.

Massa juga mendesak DPR dan pemerintah untuk menjaga marwah demokrasi dan konstitusi.

“Harapannya hari ini juga menjadi pantikan atau peringatan atau seperti yang kita tahu, alarm peringatan darurat konstitusi tidak boleh dibajak seperti ini lagi ketika memang tadi sudah ada statement (dibatalkan). Kami masih belum percaya, karena biasanya pengesahan itu terjadi di tengah malam itu yang kita khawatirkan semua,” bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral