Soal Anggaran IKN Hanya Rp4 Triliun, PUPR: Menunggu Afirmasi dari Presiden Terpilih Prabowo.
Sumber :
  • istimewa

Soal Anggaran IKN Hanya Rp4 Triliun, PUPR: Menunggu Afirmasi dari Presiden Terpilih Prabowo

Selasa, 3 September 2024 - 05:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Mega proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapat alokasi anggaran untuk 2025 sebesar Rp 4 triliun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Sontak, anggaran itu tuai komentar, dan ada yang menyebutkan anggaran tersebut terbilang kecil dibandingkan dengan alokasi anggaran tahun 2024 sekitar Rp 35,37 triliun.

Menyikapi hal itu, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja angkat bicara.

Kata dia, pihaknya menunggu langkah lanjutan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam menyesuaikan besaran anggaran tersebut.

"IKN hanya Rp 4 triliun di 2025 yang akan datang. Tentunya kita menunggu afirmasi dari presiden terpilih (Prabowo) yang tentunya akan melanjutkan pembangunan IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," beber Endra dalam diskusi Mengawal 10 Tahun Pembangunan Infrastruktur, seperti dikutip dari Youtube FMB9ID_IKP, Senin (2/9/2024).

Kementerian Keuangan sendiri menetapkan pagu indikatif 2025 yang terbilang kecil untuk kementerian/lembaga (KL) dibandingkan anggaran di tahun-tahun sebelumnya dalam rangka memberikan ruang fiskal bagi Prabowo mengutak-atik anggaran tersebut. 

Prabowo sebelumnya juga telah berkomitmen untuk melanjutkan bahkan mempercepat pembangunan IKN sehingga kemungkinannya, alokasi anggaran IKN juga akan bertambah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral