Jokowi saat pidato pembukaan ISF, Kamis (5/9/2024).
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jokowi Pamer Kepada Pejabat Dunia: PLTS Apung Indonesia Terbesar Pertama di Asia Tenggara dan Ketiga di Dunia

Kamis, 5 September 2024 - 10:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi memamerkan kepada para tamu pejabat dunia yang hadir di Indonesia International Sustainability Forum (ISF) bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Apung Indonesia terbesar pertama di Asia Tenggara.

Sebagaimana diketahui, forum tersebut dihadiri Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean, Wakil Perdana Menteri Malaysia Fadillah Yusof, Menteri Industri dan Teknologi Informasi China Jin Zuanglong dan Menteri Lingkungan Hidup Republik Demokratik Kongo Eve Bazaiba.

Turut hadir dalam ISF 2024 Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kelautan Peter Thomson dan Penasihat Khusus Aksi Iklim dari Kementerian Luar Negeri Perancis Kevin Magron.

Selain itu, CEO of Bezos Earth Fund Andrew Steers serta Vice President The Rockefeller Foundation Deepali Khanna.

"Jangan meragukan komitmen Indonesia dalam mencapai net zero emission dan berkontribusi bagi dunia lebih jauh," tegas dia di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

"Indonesia memiliki potensi energi hijau yang melimpah, mencapai lebih dari 3600 giga watt, kami juga memiliki PLTS Apung di Waduk Cirata dengan kapasitas 192 megawatt peak terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia," sambung dia.

Menurut Jokowi, menciptakan ekonomi hijau tidak sekadar membicarakan terkait perlindungan terhadap lingkungan, namun ada aspek kesejahteraan di dalamnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:05
10:13
03:23
02:16
04:37
Viral