Calon Gubernur Jawa Barat, Kang Dedi Mulyadi (KDM), janji akan ubah kurikulum SD jika tertpilih jadi Gubernur Jabar..
Sumber :
  • Istimewa

Rencana Besar Dedi Mulyadi Jadikan Jabar Lebih Produktif, Janji Ubah Kurikulum SD sesuai Kearifan Lokal Tiap Daerah

Jumat, 6 September 2024 - 13:20 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Calon Gubernur Jawa Barat, Kang Dedi Mulyadi (KDM), punya rencana besar untuk meningkatkan produktivitas warga Jabar lewat sistem pendidikan berbasis lingkungan.

Dalam pandangan Dedi Mulyani, pendidikan di setiap daerah harus disesuaikan dengan ciri khas lingkungan lokal agar mampu mengembangkan keterampilan yang relevan bagi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, KDM menjelaskan bahwa jika nanti terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat, ia akan menerapkan kurikulum pendidikan berbasis karakter sejak sekolah dasar (SD), yang akan disesuaikan dengan keunggulan khas setiap daerah.

Misalnya, di Tasikmalaya yang terkenal dengan kerajinan anyaman bambunya, maka siswa-siswi SD di sana akan diajarkan keterampilan membuat anyaman.

"Jadi begini, supaya produktif warga Jawa Barat. Nanti kalau saya memimpin, sekolah akan ada kurikulum pelajaran berbasis khas lingkungan daerah setempat. Misal Tasik terkenal Anyaman, diterapkan kurikulum itu," ujar KDM seusai memberikan orasi di Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Surayalaya, Tasikmalaya, Kamis (5/9/2024).

KDM melanjutkan, pendidikan berbasis karakter ini tidak hanya akan diterapkan di Tasikmalaya, melainkan juga di seluruh Jawa Barat.

Setiap daerah akan memiliki kurikulum yang menyesuaikan dengan keunggulan lokalnya, sehingga generasi muda bisa tumbuh dengan keterampilan yang relevan sejak dini.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral