Peserta diskusi menyaksikan pidato pembukaan yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara daring dalam diskusi ISF 2024 di Jakarta..
Sumber :
  • ANTARA/Prisca Triferna

Ada Kabar Buruk, Menkes Budi Minta Semua Warga Indonesia Harus Waspada dengan Penyakit Ganas Ini

Sabtu, 7 September 2024 - 07:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah tengah mengambil langkah serius menangani dampak polusi udara terhadap kesehatan.

Hal itu disampaikan Menkes Budi saat membuka secara daring diskusi tematik Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Menkes Budi menyampaikan polusi udara bukan hanya isu lingkungan, tetapi juga tantangan bagi sektor kesehatan karena dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

Menkes menekankan secara global, polusi udara bertanggung jawab terhadap 7 juta kematian prematur setiap tahunnya.

"Di Indonesia, dampaknya juga sangat mengkhawatirkan, dengan beban ekonomi mencapai sekitar 4 juta dolar AS setiap tahunnya karena biaya perawatan kesehatan dan berkurangnya produktivitas. Jumlah itu tidak hanya sekadar angka, tetapi juga memperlihatkan beban yang nyata untuk keluarga dan komunitas di Indonesia," ujar dia dalam keterangannya.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kini sudah mengintegrasikan data PM2,5 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ke dalam platform daring Satu Sehat milik Kemenkes.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral