Kisah Ahmad Yani dan AH Nasution Tempeleng Soeharto, Tak Lama Kemudian Justru Berkuasa.
Sumber :
  • Istimewa

Kisah Ahmad Yani dan AH Nasution Tempeleng Soeharto, Tak Lama Kemudian Justru Berkuasa

Selasa, 10 September 2024 - 07:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto menjadi salah satu pihak yang banyak disorot jika membahas peristiwa G30S PKI tahun 1965.

Di masa pemberontakan G30S PKI, Soeharto menjabat sebagai Jenderal TNI. Namun, namanya tidak menjadi target partai komunis itu untuk diculik atau dibunuh.

Gara-gara hal tersebut, ada beberapa orang yang beranggapan bahwa Soeharto sebenarnya berada di balik peristiwa G30S PKI.

Meski demikian, berdasarkan kesaksian Soeharto yang ia tuliskan di otobiografinya, ia menyebut bahwa pada malam G30S PKI dirinya juga sempat akan dibunuh.

Disebutkan Soeharto bahwa dirinya sedang berada di RSPAD Gatot Subroto karena menjaga anak bungsunya yang sakit, Hutomo Mandala Putra atau Tommy. Hal ini membuat PKI mengurungkan niat untuk membunuhnya.

Pada tahun 2000, mantan Wakil Perdana Menteri Indonesia, Soebandrio menuliskan memoar dengan judul 'Kesaksianku tentang G30S'. Di dalamnya, ia menuliskan tentang Soeharto.

Menurut Soebandrio, Soeharto sebenarnya merupakan pihak yang berupaya untuk melakukan kudeta merangkak terhadap Seokarno.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:53
05:18
01:01
10:23
01:17
01:32
Viral