Pengamat Maritim apresiasi pertumbuhan PIS usai laba meningkat.
Sumber :
  • Istimewa

Pengamat: PIS Jadi Ujung Tombak Pertumbuhan Maritim Indonesia

Rabu, 11 September 2024 - 10:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat maritim Indonesia dari Ikatan Keluarga Besar Alumni Lemhannas Strategic Center (ISC), Marcellus Hakeng Jayawibawa mengapresiasi PT Pertamina International Shipping (PIS) usai mengalami kenaikan laba hingga 103 persen sepanjang paruh pertama tahun 2024.

Hakeng mengatakan PIS memainkan peran penting yang membantu menggerakkan ekonomi Indonesia.

Sebab, kata Hakeng, berdasar pada data sub-holding integrated marine logistics Pertamina tersebut mengangkut 1,6 miliar liter BBM, LPG dan minyak mentah guna menjaga ketahanan energi nasional dan mendukung aktivitas ekonomi di seluruh pelosok negeri. 

"Tanpa andil PIS dalam distribusi BBM nasional, masyarakat akan menghadapi kesulitan besar dalam menjalankan kegiatan ekonomi. BBM adalah bahan bakar penting bagi industri, transportasi, serta kehidupan sehari-hari. Tanpa pasokan yang stabil, aktivitas ekonomi nasional dapat terganggu," ujar dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (11/9/2024) di Jakarta.

Hakeng menuturkan PIS punya peran penting dalam memajukan kapabilitas pelaut Indonesia agar mampu bersaing di pasar global. 

Secara keseluruhan, PIS mengelola 330 kapal dengan sekitar 4.950 kru serta 453 kapal support yang melibatkan 2.265 kru tambahan. 

"Ini menunjukkan bagaimana PIS memberikan dampak besar terhadap peningkatan kesejahteraan SDM pelaut Indonesia dan menciptakan kesempatan kerja yang luas di sektor pelayaran," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
03:41
04:31
04:22
06:01
01:21
Viral