Ramai Diperbincangkan soal Susu Ikan, IDI Bocorkan Hal Ini.
Sumber :
  • istimewa

Ramai Diperbincangkan soal Susu Ikan, IDI Bocorkan Hal Ini

Jumat, 13 September 2024 - 19:48 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Belakangan ini, susu ikan ramai diperbincangkan oleh publik. Hal ini lantaran, susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi di program makan bergizi gratis era Pemerintahan Prabowo

Hal itu pun menuai komentar dari berbagai kalangan, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yang menjelaskan keunggulan hidrolisat protein ikan (FPH) atau disebut 'susu ikan', salah satunya tinggi omega-3.

Sebagaimana disampaikan Ketua Komite Advokasi Percepatan Penurunan Stunting Kesehatan Ibu dan Anak dan SDG’s PB IDI, Prof. dr. Agussalim Bukhari M.Clin.Med Ph.D Sp.GK Subs.KM, omega-3 pada 'susu ikan' baik untuk perkembangan otak dan kesehatan jantung. 

Menurut Agus, kandungan omega-3 dari 'susu ikan' lebih banyak daripada susu sapi.

"Satu keunggulan kalau dari ikan semua orang sudah tahu bahwa mengandung omega 3, itu keunggulannya dari ikan apalagi buat susu, omega 3 juga bagus untuk penyakit kanker, bagus buat jantung, perkembangan otak dan tentunya anti inflamasi,” ujar dr. Agus dalam sesi media briefing yang digelar PB IDI, Jumat (13/9/2024).

Selain itu, produk hidrolisat protein ikan juga rendah laktosa sehingga aman untuk anak yang intoleran laktosa pada susu sapi atau sering disebut alergi susu sapi.

Bahkan, dia katakan, semua jenis ikan juga bisa dijadikan hidrolisat ikan berbentuk bubuk atau cair yang penyajiannya mirip susu, contohnya ikan gabus dan lele dengan kandungan albumin tinggi, serta salmon dan ikan teri dengan kandungan omega 3 tinggi dan lemak baik

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:05
10:13
03:23
02:16
04:37
01:05
Viral