Ketua Komunitas Pecinta Rasulullah Habib Umar Shahab di CFD, Minggu (15/9/2024).
Sumber :
  • Adinda Ratna Safira-tvOne

Komunitas Pecinta Rasulullah Gelar Parade di CFD, Minta Pemda Jakarta Jadikan Agenda Tahunan

Minggu, 15 September 2024 - 09:18 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Komunitas Pecinta Rasulullah Habib Umar Shahab berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Jakarta menjadikan agenda parade memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai agenda tahunan.

Hal ini diungkapkan dirinya saat menggelar acara parade kostum keagamaan dan pakaian adat dengan tema “Meneladani Rasulullah dengan Misi Rahmatan lil Alamin dalam Bingkai Islam Nusantara” di kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Minggu (15/9/2024).

Insyaallah kalau ini adalah yang pertama di Jakarta kita berharap nanti pada event lain pada waktu-waktu yang lain tahun-tahun depan ini bisa dikembangkan. Saya berharap Pemda Jakarta itu bisa menjadikan ini sebuah agenda tahunan untuk memeriahkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW,” kata Umar. 

Sementara itu Umar menuturkan bahwa ada berbagai macam syiar agama islam di Indonesia. Hal ini tidak hanya dilakukan melalui ceramah, tetapi juga bisa melalui budaya di Indonesia

“Syiar agama islam menurut saya sangat bagus. Islam itu macam-macam, tidak harus melalui ceramah, pengajaran, tapi juga melalui budaya. Karena Indonesia ini mayoritas budaya kita sebetulnya adalah budaya islam,” ungkapnya.

Menurut Umar islam merupakan agama Rahmatan lil Alamin, yakni agama yang bersaudara. Islam memiliki tiga karakteristik persaudaraan, yakni ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama umat manusia), ukhuwah islamiyah (persaudaraan keislaman) dan ukhuwah wathanuiyah (persatuan dalam ikatan kebangsaan).

“Kalau kita sebagai orang Indonesia, kita melihat bahwa kita adalah orang indonesia karena ukhuwah wathanuiyah. Sebagai manusia tanpa nasionalisme kita melihat cikal bakal bahwa kita adalah manusia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai manusia dan yang ketiga kita sebagai muslim kita punya nilai-nilai keislaman itu sendiri,” jelasnya. (ars/nsi)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral