Ngeri! Musim Kemarau Meluas, BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia September 2024.
Sumber :
  • istimewa

Ngeri! Musim Kemarau Meluas, BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia September 2024

Senin, 16 September 2024 - 00:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi kekeringan dengan level Waspada, Siaga, hingga Awas di beberapa wilayah Indonesia.

Peringatan ini menyusul tanda-tanda bahwa fenomena La Nina belum tampak di Tanah Air.

Berdasarkan analisis terbaru BMKG untuk Dasarian I September 2024, sekitar 64 persen Zona Musim (ZoM) di Indonesia kini memasuki musim kemarau. Beberapa wilayah yang sedang mengalami musim kering termasuk sebagian Aceh, Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

BMKG juga memantau bahwa MJO (Madden-Julian Oscillation) pada Dasarian I September 2024 belum aktif di fase 5. Namun, diprediksi akan aktif kembali pada fase 5-6 pada akhir Dasarian II hingga awal Dasarian III September.

Bersamaan dengan itu, gelombang Rossby dan Kelvin diperkirakan akan melintasi wilayah Indonesia di Dasarian II, yang berpotensi memicu pembentukan awan hujan.

Dalam Prospek Cuaca Mingguan untuk 10-16 September 2024, BMKG memperingatkan peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah. Ini dipengaruhi oleh dinamika atmosfer global dan regional.

Faktor-faktor yang mendukung cuaca hujan ini antara lain adalah aktifnya gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, adanya daerah pertemuan angin, suhu muka laut yang hangat yang meningkatkan uap air, serta kondisi atmosfer yang labil.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral