Ridwan Kamil bersama masyarakat Betawi..
Sumber :
  • Dokumentasi Tim Ridwan Kamil

Janji Manis Ridwan Kamil: Jakarta Maju Tanpa Lupakan Budaya, Perkuat Pencak Silat Betawi

Senin, 16 September 2024 - 11:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta Ridwan Kamil ingin memperkuat pencak silat Betawi jika terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Dia menilai pencak silat melampaui seni bela diri, karena memiliki filosofi kehidupan yang kuat dan melekat pada budaya di Indonesia, termasuk budaya masyarakat Betawi.

“Alhamdulillah pencak silat dinobatkan sebagai warisan dunia, di dalamnya ada silat-silat Betawi. Jadi pastilah saya pertahankan urusan budaya silat, kita fasilitasi,” kata Ridwan Kamil, saat beraudiensi dengan warga di Jalan Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dikutip Senin (16/9).

“Pencak silat harus dilestarikan karena sudah jadi warisan budaya dunia. Karena pencak silat ada bela dirinya, filosofinya, ada musiknya (pencak), ada budaya, ada busananya, setiap wilayah cara berpakaiannya berbeda,” sambung dia.

Sebagai informasi, Ridwan Kamil merupakan salah satu tokoh yang menerima amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempresentasikan pencak silat kepada juri UNESCO di Paris, Prancis pada 2017 silam. 

Dua tahun berselang, yakni 2019, akhirnya pencak silat dinyatakan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral