Ratusan Kiai dan Ulama di Ponpes Sarang, Rembang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Istimewa

Ratusan Kiai Berkumpul di Ponpes Sarang Bahas Muktamar Luar Biasa NU: Berpedoman Jam’iyyah

Senin, 23 September 2024 - 16:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ada ratusan ulama dan kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang berkumpul membedah ‘Risalah Bangkalan’ sekaligus konsolidasi para kiai struktur dan kultural se-Jawa Tengah untuk persiapan Muktamar Luar Biasa NU (MLB).

Seluruhnya berkumpul di Pondok Pesantren Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

“Hasil diskusi para kiai kita namakan maklumat Sarang yang memuat beberapa keputusan,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Nur Muhammad Ndresmo Surabaya KH Maftuh, Senin (23/9/2024).

KH Maftuh mengatakan MLB NU akan digelar dengan berpedoman pada Anggaran Dasar Jam’iyyah NU, yakni Bab I Nama, Kedudukan dan Status, pasal 1 ayat (2), yang berbunyi: Nahdlatul Ulama didirikan oleh ulama pondok pesantren di Surabaya pada tanggal 16 Rajab 1344 H bertepatan dengan tanggal 31 Januari 1926 Masehi untuk waktu yang tak terbatas.

“Maka dipahami Jam’iyyah Nahdlatul Ulama adalah cermin kehidupan pesantren. Sedangkan struktur Jam’iyyah adalah kepanjangan dari kebijaksanaan ulama dan kiai pengasuh pondok pesantres,” jelasnya.

Kemudian yang kedua, presidium mengapresiasi dukungan para pengasuh pondok pesantren di Jawa Tengah terhadap Gerakan Penyelamatan Organisasi dan Muktamar Luar Biasa NU.

“Dukungan ini menjadi kekuatan utama dan strategis bagi presidium untuk melanjutkan proses atau gerakan menuju pra-MLB dan MLB,” paparnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:42
04:15
00:55
01:03
01:44
Viral