Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.
Sumber :
  • IST

Hadi Tjahjanto: Jokowi Sudah Perintahkan Bentuk Matra Siber TNI

Senin, 23 September 2024 - 18:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto setuju pembentukan matra ke-4 alias matra siber di TNI.

Dia menyebut Jokowi sudah memerintahkan untuk membentuk matra siber. Selain itu, Prabowo juga sangat concern dengan pembentukan matra siber di TNI.

“Oh sudah, Pak Presiden sudah memerintahkan untuk membentuk matra keempat, termasuk Presiden terpilih kan, concern dengan matra keempat,” ujar Hadi di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024).

Dia menjelaskan pembentukan matra siber bertujuan untuk menghadapi serangan siber dari luar.

“Dalam pertempuran modern saat ini, center of gravity kita sekarang adalah perang cyber. Karena perang cyber ini memerlukan bagaimana kita menghadapi perang proxy war, perang asimetris, kemudian ada lagi perang-perang propaganda,” ujarnya.

“Semuanya itu memerlukan satu-satu peralatan sistem untuk bisa kita menghalau serangan-serangan balik mereka,” lanjut Hadi.

Menurut Hadi, dibutuhkan satu unit untuk melakukan patroli setiap hari, kemudian melakukan rangkaian-rangkaian mitigasi. (saa/ebs) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:42
04:15
00:55
01:03
01:44
Viral