Ridwan Kamil (RK) di Taman Ismail Marzuki.
Sumber :
  • Istimewa

Wacana Ridwan Kamil Atasi Rumah Seng Bedeng: Mereka Jangan Pindah ke Rusun, tapi Dibangun Jadi 4 Lantai

Selasa, 24 September 2024 - 09:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil atau akrab disapa RK memberikan pandangannya terkait mengatasi rumah bedeng yang terbuat dari seng di perkampungan kumuh.

Dia menilai bahwa tidak semua solusi mengatasi perkampungan kumuh dengan memindahkan mereka ke rumah susun (rusun).

RK yang juga memiliki latar belakang arsitek ini ingin bereksperimen dengan merevitalisasi rumah seng bedeng menjadi rumah berlantai empat.

"Tidak semua membereskan kampung dengan memindahkan ke rusun. Hari ini aja tim kami sedang men-exercise bagaimana rumah seng bedeng itu bisa naik empat lantai dengan Rp100 juta (per rumah)," jelas dia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, dikutip Selasa (24/9/2024).

Bahkan, eks Gubernur Jawa Barat ini mengaku memiliki sejumlah ide mengatasi perkampungan kumuh dengan program kerjanya yang membangun hunian vertikal.

"Jadi tanpa harus dengan cost social. Jadi ada opsi-opsi, ketika bisa di atas pasar seperti Pasar Rumput, silakan. Ketika bisa seperti rusunami, silakan. Ketika tidak bisa dan lebih maslahat dengan menaikan densitas dua sampai empat lantai ya silakan," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menitip pesan kepada bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) apabila menang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:10
08:56
25:47
13:45
01:25
04:33
Viral