Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.
Sumber :
  • Antara

Sekjen PBB Desak Seluruh Pemimpin Dunia Beri Dukungan Penuh untuk UNRWA

Jumat, 27 September 2024 - 10:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak para pemimpin dunia meningkatkan dukungan terhadap badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), penyedia layanan penting bagi hampir 6 juta orang.

Pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan bersama oleh Yordania dan Swedia untuk mendukung UNRWA diadakan di sela-sela Sidang Umum PBB di New York. Dalam kesempatan tersebut, Guterres menggambarkan situasi di Jalur Gaza sebagai sesuatu yang tak terbayangkan.

"Kita telah gagal dalam membantu warga Gaza. Mereka berada di dalam neraka yang semakin memburuk dari hari ke hari," katanya mengutip Antara pada Jumat (27/9/2024).

Dia menekankan bahwa tidak ada pilihan lain bagi UNRWA dan mendesak semua negara anggota PBB untuk bekerja di segala lini untuk meningkatkan dukungan bagi misi penting badan ini.

Guterres mengatakan bahwa UNRWA bukanlah solusi jangka panjang yang berkelanjutan bagi nasib pengungsi Palestina dan mengulangi tuntutannya untuk segera mengadakan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, pembebasan sandera, serta solusi politik dua negara antara Palestina dan Israel dengan Yerusalem sebagai ibu kota kedua negara.

"Tapi hingga saat itu tiba, UNRWA tetap sangat diperlukan," katanya, mendesak negara-negara untuk memberikan dukungan penuh.

Pemimpin PBB itu mengatakan bahwa dua juta warga Palestina terdesak dalam area kecil, hidup di tengah danau limbah, tumpukan sampah, dan gunung puing-puing serta memperingatkan bahwa satu-satunya kepastian adalah bahwa hari esok akan lebih buruk.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
03:23
06:38
09:05
06:08
11:00
Viral