Ada Alasan Kuat Prabowo Subianto Perjuangkan Kemerdekaan Palestina, Pimpinan MPR Beberkan Pesan Menteri Luar Negeri.
Sumber :
  • ANTARA

Ada Alasan Kuat Prabowo Subianto Perjuangkan Kemerdekaan Palestina, Pimpinan MPR Beberkan Pesan Menteri Luar Negeri

Jumat, 27 September 2024 - 17:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai presiden terpilih Prabowo Subianto bakal memeperjuangkan kemerdekaan Palestina saat memimpin Indonesia 2024-2029.

HNW mengatakan alasan kuat Prabowo memperjuangkan keperdekaan Palestina lantaran sesuai amanat konstitusi soal penjajahan harus dihapuskan.

Menurutnya, hal tersebut juga sempat dikatakan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

"Tentulah, Pak Prabowo sebagai presiden terpilih pasti akan melaksanakan konstitusi karena seperti pesan dari Menteri Luar Negeri, pastilah Pak Prabowo sebagai presiden terpilih akan menjadi garda terdepan (memperjuangkan kemerdekaan Indonesia)," kata HNW di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (27/9/2024).

HNW menjelaskan selama ini Prabowo tampak menunjukkan kepedulian terhadap rakyat Palestina, seperti pengiriman bantuan kemanusiaan melalui TNI.
 

Dia menilai situasi global saat ini kondusif untuk mengajak bangsa-bangsa lain bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Tadi saya sampaikan juga bahwa kondisi global sekarang ini sangat kondusif untuk kemudian Indonesia membayar utang, yaitu kemerdekaan Palestina," jelasnya.
 
Selain itu, HNW menyampaikan bahwa MPR menyambut baik gerakan-gerakan, baik dari organisasi masyarakat maupun lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap Palestina, seperti yang dilakukan oleh Adara Relief International.

Sebelumnya, Adara telah menyampaikan sejumlah respons terkait situasi terkini di Palestina di bawah penjajahan Israel.

Di antaranya, lembaga kemanusiaan itu bersama elemen Majelis Ulama Indonesia (MUI), legislatif, lembaga swadaya masyarakat, serta organisasi masyarakat mendesak pemerintah agar mengirim pasukan perdamaian ke Jalur Gaza, Palestina.

"Kami mendesak Pemerintah Indonesia untuk mengirimkan pasukan perdamaian di jantung wilayah perang, khususnya Gaza," kata Direktur Utama Adara Relief International Maryam Rachmayani.

Menurut Maryam, keberadaan pasukan perdamaian itu berguna dalam menjaga nilai-nilai kemanusiaan, melindungi aset-aset bantuan kemanusiaan dari Indonesia, dan mengawal para petugas kemanusiaan Indonesia yang berada di Gaza.

Selain mengirimkan pasukan perdamaian, Adara juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk menjadikan isu Palestina sebagai agenda prioritas dalam 100 hari kepemimpinan Presiden Terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

"Tujuannya adalah pencapaiannya gencatan senjata dan penghentian genosida secara permanen di Palestina," kata Maryam menambahkan.(ant/lgn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
01:43
03:04
02:10
03:23
06:38
Viral