Peluncuran layanan paspor elektronik di seluruh Kantor Perwakilan RI, wilayah Malaysia..
Sumber :
  • Istimewa

WNI Kini Bisa Urus Paspor Elektronik di Seluruh Kantor Perwakilan RI Wilayah Malaysia

Senin, 30 September 2024 - 21:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kini Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Malaysia tidak perlu pulang ke Indonesia untuk mengurus permohonan paspor elektronik.

Hal itu, karena saat ini seluruh Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Malaysia sudah dapat melayani pengurusan paspor elektronik.

"Paspor pada dasarnya adalah dokumen negara yang diberikan kepada warganegaranya dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Tidak semua orang minta paspor dikasih, tapi harus ada persyaratannya, tujuannya dan lain-lain," kata Duta Besar RI untuk Malaysia, Dato’ Indera Hermono di KBRI Malaysia, Senin (30/9).

Dato' Indera mengatakan, paling tidak, ada dua tujuan paspor diberikan kepada warga negara yang hendak bepergian ke luar negeri.

Tujuan pertama, sebagai instrumen perlindungan selama di luar negeri. Sementara, kedua, untuk memudahkan seseorang bepergian dari satu negara ke negara lain.

Atase Imigrasi KBRI Kuala Lumpur, Idul Adheman menjelaskan bahwa paspor elektronik memiliki berbagai macam keunggulan, seperti meningkatkan keamanan data pribadi warga, karena dilengkapi chip sehingga lebih sulit untuk dipalsukan.

Menurut Idul, paspor elektronik dan paspor biasa fungsinya sama, yakni sebagai bukti identitas diri yang berlaku internasional, serta bisa digunakan untuk melakukan perjalanan antar-negara. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:18
13:38
09:55
01:08
01:39
01:59
Viral