Koordinator Politik Perwakilan Tetap Republik Indonesia di New York (PTRI New York), Mariska D. Dhanutiro..
Sumber :
  • istimewa - UN

PM Vanuatu Melunak tentang Papua Barat dalam Debat PBB, Indonesia Tanggapi dengan Tegas

Selasa, 1 Oktober 2024 - 02:38 WIB

tvOnenews.com - Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai Tabimasmas, mengungkapkan pernyataan menonjol mengenai isu Papua Barat dalam debat Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 28 September 2024. 

Momen ini menarik perhatian delegasi Indonesia yang hadir di lokasi.

Dalam pernyataannya, PM Tabimasmas menyoroti dampak campur tangan asing di kawasan Pasifik, dengan mengacu pada kerusuhan yang melanda Kaledonia Baru. 

Ia mengungkapkan, “Baru-baru ini, Penduduk Asli Kaledonia Baru menunjukkan ketidakpuasan terhadap pelaksanaan referendum ketiga untuk kemerdekaan politik dari Prancis,” seperti yang dikutip dari UN Web TV.

Kerusuhan yang terjadi mengakibatkan beberapa korban jiwa dan penghentian kegiatan ekonomi. 

PM Tabimasmas menekankan pentingnya pengakuan hak-hak Penduduk Asli atas tanah, lautan, dan budaya mereka. Ia mendorong kerjasama antara Penduduk Asli Kaledonia Baru dan Prancis untuk merancang masa depan politik mereka.

“Selain itu, kami menegaskan agar Kaledonia Baru tetap dalam daftar dekolonisasi. Hak Masyarakat Adat di Papua Barat untuk tanah adat dan budaya mereka juga harus dihormati. Kami menyambut baik kerja sama mereka dengan Pemerintah Indonesia dalam menghadapi tantangan dan memperjuangkan otonomi yang lebih besar,” tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:18
13:38
09:55
01:08
01:39
01:59
Viral