Lagu Lawas Tuduhan Monopoli Avtur ke Pertamina Diputar Lagi: Masalah Utama Malah Jadi Kabur.
Sumber :
  • Pertamina

FSPPB Siap Laporkan KPPU ke KPK: Pekerja Pertamina Siaga, Layanan Avtur Tetap Lancar Terjaga

Selasa, 1 Oktober 2024 - 23:44 WIB

tvOnenews.com - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menyatakan akan melaporkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelidikan dugaan praktik monopoli dalam penyediaan avtur di bandara. 

FSPPB menilai tudingan KPPU tidak berdasar dan mencerminkan ketidakadilan dalam pengawasan persaingan usaha di sektor penerbangan.

Presiden FSPPB Arie Gumilar menegaskan bahwa masalah mahalnya tiket penerbangan domestik lebih disebabkan oleh kemungkinan praktik kartel maskapai penerbangan bukan harga avtur. 

FSPPB Siap Laporkan KPPU ke KPK: Pekerja Pertamina Siaga, Layanan Avtur Tetap Lancar Terjaga
Sumber :
  • FSPPB

 

"Harga avtur Pertamina secara historis tidak lebih mahal dari kompetitor di Asia Tenggara. Pertamina tetap melayani seluruh bandara, meskipun geografis Indonesia rumit dan kadang tidak ekonomis," ujarnya dalam seminar “Keran Avtur Dibuka untuk Asing dan Swasta, Bagaimana Nasib Pertamina?” yang dilaksanakan hari ini (1/10/2024).

Marwan Batubara, pengamat energi, yang juga narasumber seminar memberikan pendapatnya bahwa regulasi yang ada seperti Peraturan BPH Migas Nomor 13 Tahun 2008, sudah memperbolehkan pihak swasta untuk terlibat dalam distribusi avtur. Jadi tidak ada monopoli mutlak sebagaimana yang dituduhkan KPPU. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
03:10
06:27
06:11
03:16
01:02
Viral