Raga Awandayu Prakasa.
Sumber :
  • IST

Raga Awandayu Prakasa Bawa Aspirasi Pendidikan Diaspora Indonesia ke Istana Kepresidenan Jakarta

Kamis, 3 Oktober 2024 - 17:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Ketua Pengurus Luar Negeri TIDAR Turki, Raga Awandayu Prakasa, mendapatkan kesempatan untuk beraudiensi, bersilaturahmi, dan berdiskusi di Istana Kepresidenan Jakarta bersama Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar. Audiensi ini menjadi wadah penting untuk menyampaikan berbagai aspirasi yang telah disusun dalam policy brief, yang nantinya akan disampaikan kepada Presiden RI dan kementerian terkait.

Billy Mambrasar, dalam pembukaannya pada Jumat (27/9/2024), menyampaikan forum audiensi ini adalah langkah konkret untuk mengatasi tantangan dan kesenjangan akses pendidikan di Indonesia. 

"Tidak ada yang boleh tertinggal. No one left behind, sesuai semangat SDGs," ujar Billy, yang juga Duta SDGs Indonesia. 

Ia juga menekankan pentingnya peran anak muda sebagai subjek dalam kebijakan publik. 

Raga Awandayu Prakasa menyampaikan bahwa, berdasarkan laporan UNESCO (2020), keberadaan Atase Pendidikan di kedutaan terbukti meningkatkan prestasi akademis diaspora hingga 40%. Ia juga mengutip riset Bank Dunia (2022) yang menyebutkan bahwa jembatan antara kebijakan pendidikan nasional dan implementasinya di luar negeri sangat krusial untuk menjaga standar pendidikan Indonesia bagi diaspora. 

Selain itu, UNESCO Institute for Statistics (UIS) mencatat bahwa pada tahun 2021 terdapat 53.000 mahasiswa Indonesia di luar negeri, namun hingga saat ini tercatat baru ada 10 KBRI yang memiliki Atase Pendidikan. Fakta ini menunjukkan perlunya perluasan dukungan bagi diaspora yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.

Raga Awandayu Prakasa juga menjelaskan pembahasan pendidikan ini bukan hanya tentang memberikan dukungan yang memadai bagi pelajar Indonesia, tetapi juga berkaitan dengan masa depan Indonesia dalam memanfaatkan bonus demografi, yang merupakan aset penting dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045. Atase Pendidikan di KBRI akan menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan kompetitif di tingkat global. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral