15 Bank Dicabut Izin oleh OJK, Apa Penyebabnya?.
Sumber :
  • istimewa - Antara

15 Bank Dicabut Izin oleh OJK, Apa Penyebabnya?

Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mencabut izin operasional dari 15 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). 

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya OJK dalam memperkuat stabilitas sektor perbankan nasional dan melindungi konsumen dari risiko keuangan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menjelaskan bahwa pencabutan izin ini dilakukan karena pemegang saham dan pengurus BPR tidak mampu melakukan penyehatan terhadap bank yang bermasalah, terutama yang terlibat dalam penyimpangan operasional.

OJK terus memperketat pengawasan, khususnya untuk memastikan rencana penyehatan dijalankan oleh BPR/BPRS yang sudah dalam status pengawasan "Bank Dalam Penyehatan". 

Namun, jika dalam batas waktu yang ditentukan kondisi bank tak kunjung membaik, OJK akan meningkatkan tindakan dengan menetapkan bank tersebut sebagai "Bank Dalam Resolusi" dan bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menangani situasi tersebut, termasuk kemungkinan pencabutan izin sebagai langkah terakhir.

Berikut daftar 15 BPR/BPRS yang izinnya telah dicabut OJK:

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
07:09
03:29
03:25
01:03
03:12
Viral