Anies Baswedan Ajarkan Mahasiswa Unmer Madiun Perkuat Demokrasi, Singgung Oposisi hingga Eksekutifisasi Lembaga Negara Lain.
Sumber :
  • ANTARA

Anies Baswedan Ajarkan Mahasiswa Unmer Madiun Perkuat Demokrasi, Singgung Oposisi hingga Eksekutifisasi Lembaga Negara Lain

Senin, 14 Oktober 2024 - 02:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan anak muda atau mahasiswa memiliki peran penting menegakkan kembali demokrasi di Indonesia.

Dia menilai demokrasi Indonesia saat ini mengalami penurunan, yang mana terbukti tiadanya oposisi hingga menurunnya kebebasan berbicara, dan eksekutifisasi lembaga negara lain.

Hal itu dikatakan Anies saat memberi kuliah umum tentang demokrasi yang bertema "Demokrasi dalam Genggaman Anak Muda Memimpin Perubahan di Era Digital" di Universitas Merdeka (Unmer) Kota Madiun, Jawa Timur.

"Dalam perjalanannya, saya menilai demokrasi akan menjadi sangat kuat ketika anak muda terlibat dan ikut berpartisipasi. Jadi, muda, digital, dan demokrasi. Jika ketiganya digabung maka akan sangat dahsyat," ujar Anies dalam kuliah umumnya di gedung Bhirawa Anoraga Kampus Unmer Madiun, Minggu (13/10/2024).

Menurut Anies, di tangan anak muda, ada demokrasi yang bisa digerakkan karena memiliki sisi menarik, membawa pembaruan, memiliki perspektif baru dan harapan yang tinggi.

 

Dia menjelaskan demokrasi dapat berjalan, apabila mereka yang memegang kewenangan dalam proses demokrasi harus memiliki komitmen untuk menjaga nilai-nilai demokrasi tersebut.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
07:09
03:29
03:25
01:03
03:12
Viral