PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Jakarta, Proyek SUTET 500 kV Rampung!.
Sumber :
  • istimewa

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik Jakarta, Proyek SUTET 500 kV Rampung!

Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sebagai perusahaan milik negara yang berperan vital dalam sektor ketenagalistrikan, PT PLN (Persero) terus berkomitmen menjaga stabilitas kelistrikan nasional. 

Melalui berbagai inovasi pembangunan infrastruktur, PLN berupaya menyediakan pasokan listrik yang lebih andal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Salah satu langkah penting yang berhasil diwujudkan adalah melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), yang sukses menyelesaikan proyek rekonfigurasi Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV dan relokasi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Muara Tawar. 

Proyek ini mulai beroperasi bertahap sejak 9 September 2024, dan rampung dengan relokasi SUTET Sukatani Sirkit 2 ke menara permanen pada 14 Oktober 2024.

Proyek strategis yang diawasi oleh Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 3 (UPP JBB 3) ini berdampak signifikan dalam meningkatkan keandalan penyaluran listrik di Jakarta dan sekitarnya, sekaligus meminimalisir potensi pemadaman melalui jalur cadangan yang lebih banyak.

Proyek ini juga membuka jalan bagi hadirnya infrastruktur baru, yakni SUTET 500 kV Muara Tawar – Bekasi dan SUTET 500 kV Muara Tawar – Priok, yang menjadi bagian penting dari pembangunan sistem kelistrikan looping 500 kV di Jakarta.

Selain itu, upgrade Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) juga dilakukan pada GITET 500 kV Muara Tawar untuk meningkatkan keandalan penyaluran listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:28
00:40
01:47
01:34
03:44
02:58
Viral