ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • unsplash/Daniel Schludi

Vaksin Johnson and Johnson Tiba di Indonesia, Stok Vaksin Pemerintah Bertambah Jadi 232 Juta Dosis

Minggu, 12 September 2021 - 06:44 WIB

Jakarta - Indonesia kedatangan vaksin Covid-19 dengan merk Johnson and Johnson (J&J). Vaksin ini tiba di Indonesia datang di tanah air pada tahap pengiriman ke 56 dan 57 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Kementerian Kesehatan menyebut, vaksin Johnson and Johnson merupakan hibah dari Pemerintah Belanda sejumlah 500 ribu dosis dalam bentuk jadi. Jenis vaksin J&J ini pertama kalinya masuk ke Indonesia. Badan POM sendiri telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin J&J.

"Kita menyambut kedatangan dua vaksin sekaligus yaitu Johnson and Johnson yang merupakan bantuan dari pemerintah Belanda melalui skema bilateral dan vaksin sinovac. Bulan ini untuk pertama kalinya kita menerima vaksin Johnson dalam bentuk vaksin jadi berjumlah 500 ribu dosis", Kata Dante Saksono, Wakil Menteri Kesehatan RI yang disiarkan live melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (11/9).

Vaksin Johnson and Johnson ini rencananya akan diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan hanya satu kali suntikan. Vaksin ini akan didistribusikan ke daerah aglomerasi.

Selain vaksin J&J, Indonesia juga menerima vaksin Sinovac dalam bentuk jadi sebanyak 2 juta dan 75 ribu dosis. Dengan masuknya vaksin J&J dan Sinovac dalam pengiriman kali ini, stok vaksin Covid-19 yang dimiliki Pemerintah Indonesia mencapai 232 juta dosis. Vaksin-vaksin tersebut tesedia dalam bentuk bahan baku maupun dalam bentuk vaksin jadi siap suntik. (tfn/afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
Viral