Ketua DPR RI, Puan Maharani.
Sumber :
  • Antara

Perlu Adanya Kolaborasi Pemerintah, DPR, dan BPK Diperlukan untuk Merespons Masalah Global

Selasa, 30 Agustus 2022 - 19:52 WIB

Badung - Kolaborasi Pemerintah, Parlemen, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diperlukan untuk merespons permasalahan global untuk menyelamatkan nasib dunia dengan keputusan-keputusan dan agenda kerja bersama yang nyata 

“Pemerintah, Parlemen, dan BPK, perlu memanfaatkan kesempatan dalam forum G20, P20, dan Supreme Audit Institution G20 (SAI20), untuk membangun komitmen ini,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SAI20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa, (30/08/2022).

Menurut Puan, SAI masing-masing negara juga dapat ikut mengambil peran sebagai mitra G20 dalam memastikan peningkatan akuntabilitas dan efektivitas kebijakan global masing masing negara. Oleh karena itu, peran ini dapat dilaksanakan SAI20 dengan ikut mengawal keberlanjutan agenda global yang disepakati bersama.

Setiap negara memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mengambil langkah-langkah pemulihan ekonomi dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Suistainable Development goals/SDGs). Melalui kerja bersama, kolaborasi, dan gotong royong, antar-negara diharapkan dapat meningkatkan langkah-langkah yang lebih cepat dalam merespons permasalahan global.

Melalui kewenangan konstitusionalnya, Puan menilai pemerintah, parlemen, dan BPK bisa membangun komitmen dalam menjalankan agenda bersama untuk membangun suatu dunia yang sehat, aman, damai dan sejahtera bagi semua. 

“Kita hidup di bumi yang sama. Karena itu kita perlu mengedepankan kerja bersama, kolaborasi, dan gotong royong membangun dunia yang lebih baik untuk semua," ujarnya. (hw/ppk)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:01
01:41
08:10
01:54
03:55
05:35
Viral