Mahfud saat berkunjung ke Rumah Hakka Kalbar, Sabtu (25/11/2023).
Sumber :
  • dok by Kemenko Polhukam.

Dapat Dukungan Dari Komunitas Tionghoa Kalimantan, Mahfud Optimis Ungguli Pilpres 2024

Minggu, 26 November 2023 - 13:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat dukungan dari komunitas Tionghoa Kalimantan Barat yakni Hakka Kalbar.

Ratusan anggota komunitas Hakka berkumpul di Rumah Hakka yang terletak di Kabupaten Kubu Raya. Tujuannya untuk menyatakan dukungan pada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 tersebut.

"Hari ini, khususnya buat orang Hakka, orang Tionghoa, ini suatu kebanggaan dan Rumah Hakka ini rumah adat Tionghoa, dipakai pertama kali untuk deklarasi Ganjar-Mahfud,” kata Ketua Hakka Kalimantan Barat, Mulyadi, Sabtu (25/11/2023).

Mahfud MD turut hadir menyambut baik deklarasi dukungan terhadap dirinya dan Ganjar. Kata Mahfud, pihaknya menerima semua dukungan dari berbagai golongan.

"Setiap dukungan merupakan amanat, pengikat batin, dan semangat yang menentukan arah kerja jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden," ungkap Mahfud.

Mahfud yakin, dukungan Hakka Kalimantan Barat akan meningkatkan peluang kemenangan di daerah yang dijuluki sebagai provinsi Seribu Sungai itu.

"(Saya) sangat optimis karena di seluruh Indonesia kami mendapat suara-suara (dukungan) yang sama,” tambahnya.

Mahfud menambahkan, dukungan yang datang untuk pasangan Ganjar-Mahfud muncul karena Indonesia menghendaki perbaikan di masa depan. 

“Artinya, optimisme itu direfleksikan juga dari dukungan-dukungan yang hari ini lahir di Pontianak, dari Hakka, kemudian di tempat lain," sambung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Kendati demikian, Mahfud mengaku, meski ada deklarasi, namun ia tidak berkampanye politik elektoral.

"Ini acara silaturahim bersama masyarakat di Pontianak, kemudian bertemu dengan aktor-aktor politik. Bukan kampanye, tetapi aspirasi masyarakat kita dengar," katanya.

Menko Polhukam ini menyebut, dia melakukan kampanye tingkat tinggi yaitu mengajak kebersatuan dan kerukunan berbagai unsur dan elemen bangsa.

"Ini boleh dikampanyekan setiap waktu, bukan hanya di musim Pemilu. Kampanye kebersatuan, Pancasila, dan NKRI ini boleh digelorakan di Masjid, di sekolah, dan di lapangan. Namun untuk kampanye elektoral, ada tempat dan waktunya yang telah ditetapkan," pungkasnya. 

Adapun turut hadir dalam deklarasi ini, Ketua Kehormatan Hakka Seluruh Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta, Ketua Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani, para kiai berpengaruh di Tanah Air, dan sejumlah tokoh masyarakat di Pontianak (rpi/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral