Pojok KC - Sri Paus dan Kesederhanaan.
Sumber :
  • tim tvonenews

Sri Paus Fransiskus dan Kesederhanaan

Senin, 9 September 2024 - 19:15 WIB

SRI PAUS FRANSISKUS datang ke Indonesia, namun laku hidupnya tiba-tiba kita sadari seperti sesuatu yang sangat jauh. Asing. Ia datang dengan pesawat komersial, lalu memilih menginap di salah satu kamar di Kedutaan Vatikan dan pekan lalu kita saksikan ia hilir mudik di jalan Jakarta dengan mobil rakyat, Kijang Zenith. Ia bahkan memilih duduk di sisi pengemudi, dengan santai melambaikan tangannya ketika ada warga yang menyambutnya di pinggir jalan. Dan…astaga, ia mengenakan jam tangan Casio seharga Rp 100 ribu.

Sri Paus terasa otentik karena laku kesederhanaannya adalah kebiasaan sehari-hari. Sejak terpilih jadi pemimpin agama katolik dengan umat 1,39 miliar, ia tak mau tinggal di Istana Apostolik yang mewah menghadap ke Lapangan Basilika Santo Petrus di Vatikan, tapi hanya tinggal di sebuah kamar  sempit dan apek di wisma tamu Casa Santa Martha yang memiliki 120 kamar.

Sebelum ia pindah ke Roma karena terpilih dalam sebuah konklaf dan voting yang rumit pada 13 Maret 2013, ia menelepon sendiri loper koran yang selalu datang mengantar surat kabar ke apartemennya yang kumuh di Buenos Aires, tempat ia mengurus sendiri semua pekerjaan sehari harinya di luar jabatan sebagai Uskup.

“Dia mengagetkan saya karena langsung menelpon agar langganan dihentikan dengan alasan kini dia menetap di Roma,” kata Daniel de Regno (36), yang mengantar koran ke kediaman Paus sejak 2005.

Di Argentina, Kardinal Jorge Mario Bergoglio dikenal bekerja seperti rahib. Sebagai Uskup Agung Buenos Aires ia memilih tinggal di apartemen, menolak tinggal di rumah mewah keuskupan, ke mana mana selalu berjalan kaki, dan selalu duduk di bangku paling belakang Gereja Katedral setempat saat berdoa.

Saat terpilih sebagai Paus, komentar pertama Paus Fransiskus adalah meminta warga Argentina tidak ke Roma untuk menyambut pentahbisannya sebagai pemimpin umat katolik. Ia justru meminta uang tiket pesawat diberikan pada fakir miskin di Argentina. Saat terpilih, L’Osservatore Romano, surat kabar resmi Vatikan menyebut Paus Fransiskus sebagai simbol perubahan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:53
05:18
01:01
10:23
01:17
01:32
Viral