Skuad Timnas Indonesia.
Sumber :
  • IST

Apa Benar, Akibat Pilih Bela Timnas Indonesia Pemain-pemain ini Kariernya di Eropa Malah jadi Sengsara? Ternyata...

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:51 WIB

tvOnenews.com - Dalam kurun waktu satu dekade terakhir Timnas Indonesia cukup gencar melakukan program naturalisasi pemain keturunan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan prestasi tim.

Diwali oleh Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim pada tahun 2010 silam, sejumlah pemain naturalisasi berdarah Indonesia silih berganti membela pasukan Garuda.

Nama seperti Raphael Maitimo, Diego Michiels, Stefano Lilipaly, Ezra Walian hingga Sergio Van Dijk silih berganti menjadi pilar penting di Timnas Indonesia.


Diego Michiels (Sumber : Instagram @diegomichiels24)

Terbaru, ada nama-nama seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Ivar Jenner, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Justin Hubner dan Jay Idzes yang selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

PSSI dan Shin Tae-yong pun sebenarnya sudah tidak mau lagi asal-asalan dalam memilih pemain yang akan dinaturalisasi.

Pemain-pemain yang bermain di liga Eropa dan berlabel Grade A kini menjadi pilihan dari PSSI dan STY.

Hal itu terbukti dengan dipilihnya, Thom Haye, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen hingga terbaru ada Maarten Paes yang bermain di kasta tertinggi sepak bola di sejumlah negara.

Namun, ada beberapa pemain yang justru bernasib kurang baik setelah memutuskan untuk berpindah kewarganegaraan menjadi seorang WNI.

Sejumlah pemain yang sebelumnya bermain di level tertinggi kini harus  mengalami penurunan bahkan ada yang terbuang dari klubnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral