Nasib pemain naturalisasi asal Belanda yang bela Timnas Indonesia.
Sumber :
  • Kolase tvOnenews

Sempat Munculkan Harapan Generasi Emas Timnas Indonesia, Nasib 3 Pemain Naturalisasi Ini Berujung Tragis Usai Gabung Skuad Garuda

Jumat, 19 Juli 2024 - 21:12 WIB

tvOnenews.com - Pemain Belanda ini bernasib tragis tak lama setelah mereka memutuskan gabung ke Timnas Indonesia usai resmi jadi WNI.

Padahal, kedatangan mereka dari Belanda dengan status naturalisasi sempat memberikan harapan generasi emas bagi Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia sebenarnya telah menjalankan program naturalisasi jauh sebelum Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih.

Arnold Van Der Vin menjadi pemain naturalisasi pertama yang memperkuat Timnas Indonesia pada era 1950-an dan saat itu tampil untuk Persija Jakarta.

Setelah itu, PSSI baru kembali menjalankan program naturalisasi untuk Timnas Indonesia pada tahun 2010-an saat Tonnie Cusell, Jhonny Van Beukering, hingga Sergio Van Dijk didatangkan dari Belanda. 

Pemain tersebut sebelumnya tampil cukup baik di kompetisi Eropa hingga punya keturunan Belanda-Indonesia, sehingga membuat PSSI menawarkan kewarganegaraan kepadanya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:01
08:10
01:54
03:55
05:35
03:29
Viral