Bermacam Jenis Jeruk dan Khasiatnya Untuk Kesehatan!

Minggu, 25 Desember 2022 - 19:00 WIB

Jakarta - Jeruk (Citrus sp.) adalah tanaman tahunan berasal dari Asia, terutama China. Sejak ratusan tahun yang lampau, tanaman ini sudah terdapat di Indonesia, baik sebagai tanaman liar maupun sebagai tanaman di pekarangan. 

Buah jeruk merupakan buah yang memiliki prospek cerah untuk dikembangkan.

Jeruk atau limau merupakan anggota famili rutaceae yang dikenal dengan suku jeruk-jerukan. Jeruk pada umumnya memiliki rasa yang masam segar dan sebagian ada yang memiliki rasa manis. 

Rasa asam pada jeruk berasal dari kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam buahnya.

Namun ternyata, dibalik rasa asamanya tersebut jeruk mengandung banyak vitamin c yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. 

Vitamin C berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen. Membentuk pembuluh darah yang berguna untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut. Memperbaiki dan memelihara tulang, gigi dan tulang rawan. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Tak hanya itu, dilansir dari beberapa sumber ternyata buah jeruk memiliki spesies yang sangat beragam dan dapat bersilangan satu sama lain. 

Persilangan ini akan menghasilkan karakter yang khas dan dapat saja berbeda akan tetapi dengan manfaat-manfaat dan kandungan vitamin c yang tetap sama dan tinggi. 

Misalnya saja seperti jeruk pontianak, jeruk medan dan jeruk bali serta jeruk mandarin. Simak video berikut untuk mengetahui perbedaan bentuk dan khasiatnya bagi tubuh manusia. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:28
00:40
01:47
01:34
03:44
02:58
Viral