Muhammadiyah Dilarang Sholat Ied di Fasilitas Pemerintah?

Selasa, 18 April 2023 - 11:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi angkat suara terkait penolakan surat permohonan Muhammadiyah akan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi yang akan digelar pada (21/4/2023). 

Terkait hal tersebut, Achmad Fahmi pun menjelaskan bahwa persoalan ini terjadi setelah Muhammadiyah terlebidahlu menentukan Idul Fitri yang akan berlebaran pada (21/4/2023), sementara pemerintah belum menentukan tanggal perayaaan Idul Fitri tahun ini lantaran masih menunggu sidang isbat, namun diprediksi lebaran versi pemerintah akan jatuh pada (22/4/2023). 

Maka dari itu, dalam surat tersebut tidak terdapat penolakan dari pemerintah daerah kepada TDM Kota Sukabumi namun yang dikhawatirkan jika lebaran dijatuhkan bersamaan pada hari Jumat (21/4/2023) akan bentrok dan menjadi kendala antara pihak Muhammadiyah dan pemerintah. 

Setelah surat yang dikeluarkan oleh Wali Kota Sukabumi tersebut muncul dipermukaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi pun langsung mengadakan pertemuan dengan Pimpinan Dewan Muhammadiyah. 

Pertemuan dilakukan di Balai Kota Sukabumi secara tertutup dan sudah menemukan titik terang hingga selesai. 

Dirinya juga menegaskan bahwa tidak ada larangan sama sekali terhadap pihak Muhammadiyah, hanya saja pihaknya khawatir akan bertepatan secara bersamaan oleh penentuan dari pemerintah pusat. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
01:19
00:33
02:13
02:38
00:47
Viral