Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Disebut Salah Desain

Kamis, 3 Agustus 2023 - 13:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Jembatan lengkung LRT Jabodebek yang dibangun di atas flyover Tol Dalam Kota, Kuningan, Jakarta Selatan dan membentang sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter disebut salah desain. 

Namun sebelumnya, lengkung LRT ini sempat menuai pujian bahkan berhasil menjadi jembatan rel lengkung terpanjang di Indonesia yang ternyata dirasa memiliki kesalahan desain hingga berdampak pada pengoperasian LRT.

Kartika Wirjoatmodjo selaku Wakil Menteri BUMN pun berkesempatan untuk melakukan uji coba LRT dan menilai terdapat sejumlah kejanggalan seperti struktur tiang penyangga dan permasalahan koordinasi komponen bekerja tanpa adanya sistem integrator. 

Hal ini membuat sistem perangkat lunak harus diperbaiki dan membuat biayanya menjadi lebih tinggi. 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo meminta agar setiap pihak tidak langsung mengharapkan LRT menjadi proyek yang sempurna karena akan ada perbaikan sistem, dan perbaikan lainnya yang bersifat teknis. Dia juga mengatakan tidak perlu ada pihak yang sengaja mencari-cari kesalahan dalam LRT.

Ia mengatakan pemerintah akan memastikan bahwa aspek keselamatan dan kenyamanan masyarakat saat mencoba LRT menjadi aspek utama. Jokowi juga menegaskan jadwal pengoperasian LRT untuk masyarakat tidak akan dilakukan secara tergesa-gesa. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
14:07
09:05
03:23
09:31
01:13
01:41
Viral