Berantas Teror Penyiraman Air Keras, Kriminolog UI: yang Paling Ampuh Mengancam dengan Pidana

Jumat, 25 Agustus 2023 - 10:38 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Maraknya kasus penyerangan penyiraman air keras yang dialami oleh para pelajar membuat para orang tua khawatir. 

Prof. Adrianus Meliala selaku Kriminolog UI mengatakan bahwa rata-rata pemicu utamanya yaitu aksi tawuran antar pelajar.

Terdapat beberapa penyebab tawuran, salah satunya yaitu tawuran dianggap sebagai inisiasi, bentuk kecintaan seseorang kepada sekolahnya dan hal ini dianggap fenomena umum yang terjadi bagi para pelajar.

Dirinya pun menyarankan bahwa perlu ada tindakan yang cukup tegas lantaran dikhawatirkan akan turun menurun kepada generasi selanjutnya atau adik-adik  kelasnya. 

Maka dari iru, suatu sanksi atau ancaman pidana menjadi salah satu jalan yang ampuh guna memberi rasa jera kepada para pelajar ini. 

Namun terdapat permasalahan, dimana para pelajar sudah mengerti akan adanya hukum perlindungan anak di bawah umur yang dimana mereka paham suatu waktu akan dibebaskan. 

Alangkah baiknya, disisi lain mereka mengingat bahwa mencelakakan orang lain termasuk tindakan pidana. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:34
07:08
02:04
19:18
06:15
Viral